the meaning of word: 'elegant'

3 September 2009

Terkadang kita pernah mendengar suatu kata yang terdiri dari tiga suku kata bernama ‘Elegan’. Tapi apakah arti dari kata ‘Elegan’ itu sendiri?

Banyak orang mengatakan elegan itu adalah sesuatu yang ‘wah’, sesuatu yang ‘simple’, sesuatu yang ‘sempurna’. Sampai saat ini pun bila Anda bertanya pada diri sendiri, saya yakin Anda tak dapat menjawabnya dengan tepat dan sangat yakin dengan jawaban Anda sendiri… (karena saya sendiripun begitu). Namun saya tak akan membuat tulisan ini menjadi tak berarti hanya karena saya sendiri tidak mengetahuinya secara pasti.

Yang perlu diingat disini adalah: Apa yang kita anggap elegan belum tentu elegan bagi orang lain. Dan pengertian elegan juga terus berubah dari waktu ke waktu, mungkin yang dahulu dianggap elegan, saat ini dianggap biasa saja. Perubahan persepsi dan pengertian elegan bagi seseorang juga terkait dengan experience seseorang. Pengalaman terkadang menentukan mind set seseorang sehingga ia menjadikan pengalaman tersebut sebagai patokannya.

Wikipedia menyebutkan bahwa “Elegance is the attribute of being unusually effective and simple. It is frequently used as a standard of tastefulness, particularly in the areas of visual design and decoration. Elegant things exhibit refined grace and dignified propriety“. Dari pernyataan Wikipedia tersebut dapat disimpulkan bahwa sifat dari sesuatu yang elegan merupakan ‘pandangan fisik’ kita akan sesuatu. Namun kita akan mencari maknanya lebih dalam lagi.

Dalam sebuah buku arsitektur (Architectural Design, 2007) disebutkan bahwa “Just like natural system elegant composition are so highly integrated that they cannot easily be decomposed into independent subsystem”. Dari pernyataan buku tersebut dapat disimpulkan bahwa bentuk dari sesuatu yang elegan adalah kehadiran dari kesatuan antar susunan yang saling terintegrasi yang tak dapat diuraikan dengan mudah. Lagi-lagi pernyataan tersebut tidak menjawab makna sebenarnya dari sesuatu yang elegan.

Sebuah sumber dari situs tanya-jawab internet menyebutkan “elegance is refinement, grace, and beauty in movement, appearance, or manners” (www.answers.com). Dari pernyataan itu disebutkan ‘kemurnian’, ‘keanggunan’, dan ‘keindahan’ pada suatu ‘pergerakan’, ‘penampilan’, atau ‘cara’.

Ketiga pernyataan diatas, kini membuat pikiran saya menjadi rancu (saya yakin begitupula dengan Anda). Apakah sebuah kata ‘AKU’ benar-benar berarti ‘SAYA’? Bila dicari sejarahnya, siapakah manusia pertama yang menyerukan kata ‘AKU’ sebagai sebutan untuk diri sendiri? Dan begitu pula dengan ‘SAYA’, apalagi dengan kata ‘ELEGAN’. Dari sini saya mulai berpikir (walau saya memang tidak cukup pintar untuk berpikir), alangkah hebatnya Zat yang telah menciptakan manusia untuk menciptakan dan menggunakan kumpulan dari kata-kata yang dibuatnya sendiri untuk saling berkomunikasi dengan individu lain (maaf jika keluar dari konsep kata ‘elegan’). Maka sebuah kata ‘ELEGAN’ adalah salah satu dari triliunan biliunan kata-kata yang telah dibuat oleh manusia untuk manusia itu sendiri. Dan jika kita mau, kita bisa saja anggap elegan adalah kebalikan dari pernyataan-pernyataan diatas yang selalu menyebutkan ‘kemurnian’, ‘keanggunan’, dan ‘keindahan’ pada suatu ‘pergerakan’, ‘penampilan’, atau ‘cara’.

Sekarang saya sudah tidak lagi mempermasalahkan sebuah kata ‘elegan’ sebagai permainan makna kata, tapi saya akan memberi satu dua contoh konkrit yang secara alami dan spontan dapat Anda jawab sendiri. Silahkan untuk melihat gambar kedua wanita dibawah:

fashion 1fashion 2

Gambar manakah yang menurut Anda murni, anggun, indah dari penampilan kedua wanita tersebut? Anda bisa menjawabnya.

Dari sini saya simpulkan, ‘elegan’ hanyalah “Sebuah kata untuk menunjukkan ekspresi dan ungkapan manusia terhadap sesuatu (baik berupa fisik maupun sifat atau sikap) yang sederhana namun fungsional dan efektif sampai sesuatu itu dianggap cocok dan pantas satu sama lain menurut pandangan maupun persepsi kita.”

Overflown your eleganist soul!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: